SOSIALISASI PANDUAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA AWAL SEMESTER GENAP T.P 2020/2021

Saturday - 19/12/2020 05:30
Pada Januari 2021 nanti, pembelajaran tatap muka (PTM) dengan adaptasi kebiasaan baru akan dimulai. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta pihak sekolah tidak memberikan beban penugasan yang berat kepada para peserta didik.
Panduan Penyelenggaraan Tahun Ajaran di Masa Pandemik TA. 2020/2021
Panduan Penyelenggaraan Tahun Ajaran di Masa Pandemik TA. 2020/2021

SOSIALISASI PANDUAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA AWAL SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI MASA PANDEMI COVID 19

(Nora Margaret/Berita Humas, Sabtu , 19 Desember 2020)
 
Pertemuan Tatap Muka dalam sistem PBM Awal Semester Genap Tahun 2020/2021 yang sudah dekat. Diambil dari referensi terkini.

#new-PTM
#AdaptasiKebiasaanBaru

Pada Januari 2021 nanti, pembelajaran tatap muka (PTM) dengan adaptasi kebiasaan baru akan dimulai. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta pihak sekolah tidak memberikan beban penugasan yang berat kepada para peserta didik.

’’Pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang bermakna, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan,’’ JawaPos.com, Jumat (4/12).

Kemampuan setiap anak berbeda-beda. Ada anak yang tertinggal, sudah berada di jalur yang tepat dan siswa yang lebih maju. Jadi, dibandingkan memberikan penugasan berat, sebaiknya dilakukan asesmen terlebih dahulu untuk memetakan kebutuhan pembelajaran murid.’’Aktivitas dan tugas pembelajaran dapat bervariasi antar siswa dengan memperhatikan kondisi psikologis siswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses atau fasilitas belajar di rumah,’’ (JawaPos.com, 17 Desember 2020)

Apa dan Bagaimana Asesmen non-Kognitif dalam rangka mempersiapkan sekolah dan utamanya siswa dalam mengikuti new-PTM (Pembelajaran Tatap Muka) harus mengikuti Standar Pencegahan Covid 19.  Asesmen non-kognitif ditujukan untuk mengukur aspek psikologis dan kondisi emosional siswa, seperti kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa, kesenangan siswa selama belajar dari rumah, serta kondisi keluarga siswa. Sementara, asesmen kognitif ditujukan untuk menguji kemampuan dan capaian pembelajaran siswa.
Asesmen diagnosis non kognitif di awal pembelajaran diberikan pada siswa untuk mengetahui:
  1. Kesejahteraan psikologi dan emosional siswa
  2. Aktivitas siswa selama belajar di rumah
  3. Kondisi keluarga siswa
Adapun Asesmen Kognitif diawal pembelajaran dapat diperhatikan pada sumber berikut :
https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-asesmen-di-awal-pembelajaran/

 


 
Dalam melaksanakan asesmen diagnosis di awal pembelajaran, Anda perlu melakukan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjut seperti penjelasan infografis diatas. Dalam memenuhi kondisi non kognitif, sekolah diharapkan segera mengupayakan Swab, Rapid Test untuk memastikan kondisi sekolah siap untuk PTM. Sarana dan prasarana yg mendukung. Sistem pengaturan jarak tempat duduk dan hal lain yg harus dilakukan dan harus sudah difikirkan.
Sehingga awal semester genap T.P 2020/2021 bisa dilaksanakan sesuai ketentuan dan regulasi Dinas Pendidikan/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  Banyak Sekolah menetapkan Satgas Covid 19. Pembentukan TIM dan koordinasi lain yg harus difikirkan serta terencana.

 


Mengingat waktu setelah ini sudah libur, dan awal tahun 2021 sudah semakin dekat tentu manajemen  SMK N 1 Sumatera Barat bersama seluruh warga sekolah sudah harus memikirkan regulasi dan tata cara PTM di awal SMT Genap T.P 2020/2021,  berkoordinasi dengan dinas terkait kebijakan serta meninjau strategi sekolah lain dalam mempersiapkan new PTM .Agar pada saatnya kita siap dengan kondisi yang rapi dan terencana
 

Author: Tim Kreatif Website Humas SMKN 1 SUMBAR

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Brosur PPDB 2020
pemisah
Formulir PPDB 2020
pemisah
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second