Dampak Positif Pandemi Ditinjau dari Perkembangan Inovasi IT (Teknologi Informasi) Proses Belajar Mengajar (PBM)

Saturday - 25/07/2020 23:16
Dampak Positif Pandemi Ditinjau dari Perkembangan Inovasi IT (Teknologi Informasi) Proses Belajar Mengajar (PBM)
Teknologi Informasi
Teknologi Informasi


INOVASI INFORMATION TECHNOLOGY (IT)  PBM DARING
Dampak positif PANDEMI ditinjau dari perkembangan Inovasi IT PBM


Semenjak terserang wabah PANDEMI Covid, 3 bulan di awal hampir semua stake holder dan bidang kehidupan manusia, baik di sektor ekonomi, pariwisata,  juga sektor pendidikan kacau dan menjadi tak terarah, serta tak terkontrol dengan baik. 

Banyak guru tak bisa melakukan tugasnya, banyak siswa yg abai karna tidak lengkapnya fasilitas dan infrastruktur IT untuk PBM daring. 

Hal ini membuat semua pihak di bidang pendidikan memikirkan cara agar dapat mengontrol pekerjaan , baik guru , siswa atau pun pegawai. Hal ini juga yg membuat Manajemen Mutu SMK N 1 Sumatera Barat memikirkan tata cara kontrol dan pengaturan PBM Daring yg memudahkan bagi guru atau siswa alih2 menggunakan aplikasi Chat WA Group kelas, yg tumpang tindih serta overlape dalam setiap instruksi yg diberikan.

Banyak aplikasi PBM daring, tapi tidak bisa dikontrol secara komperhensif dan diakses cara kerja guru dan siswa menggunakan aplikasi tersebut. 

Untuk itulah aplikasi PBM dan kontrol manajemen berbasis online di Lounching pada Live tayang MPLS yg dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Drs. H. Nasrul Abit  dan Kepala dinas Drs. Adib Al Fikri, MSi dan Kabid PSMK Drs. Joko Purnomo, M.Kom  Dinas pendidikan provinsi Sumatera barat juga berkesempatan hadir untuk menjadi keynote speaker hal hal penting terkait MPLS, dan SMK setta kebijakan/regulasi terkait pendidikan skala Nasional dan Daerah.  Pengawas Pembina SMK N 1 Sumbar dan Kasi Kurikulum P.SMK Drs. Anita , M.Pd juga hadir mendampingi kegiatan ini. 

SMK Negeri 1 Sumatera Barat dibawah kepemimpinan Drs. Risman Jondedwi, MM dan Pengawas Pembina Drs. Nofiandri, M.Pd terus melecut diri dalam pengembangan dan inovasi pembelajaran . Semoga ke depan menjadi lebih baik, dan mampu mewujudkan visi misi menuju Sekolah Unggul dan menciptakan tamatan yg berkarakter dan mampu bersaing di pasar global. 

Berikut inovasi  tata cara pengelolaan kelas online bagi guru, dan bagaimana cara siswa mengakses PBM agar tidak lagi terkendala dengan chat wa yg tumpang tindih dengan banyak siswa serta  banyak guru, juga mengakomodir  kekurangan fitur  pada aplikasi online lainnya. Pada aplikasi ini, guru memiliki ruang tersendiri yg bisa diatur tampilan lebih maksimal,seperti modul elektronik, instruksi yg utuh dan komperhensif sehingga kendala memperlihatkan simulasi/ cara pembelajaran praktek ke siswa pun dapat diakomodir lebih baik. Hal yang terpenting semua record catatan jurnal guru dan siswa dapat dipantau oleh pengawas dan kepala sekolah/pemangku kepentingan. 

 

Aplikasi juga dilengkapi terhubung dengan group belajar LMS SMK N 1 Sumatera Barat yg chatting dll fasilitas nya lebih lengkap dan  tampilan lebih menarik untuk siswa. Guru bisa memantau siswa yg aktif chat nya saat real time dengan notif hijau (aktif) . Diskusi bisa lebih live. Pada jurnal juga di sediakan fitur chek absensi siswa. Agenda batas PBM dll.

Semoga bermanfaat,  
Wasalam
Nora Margaret, S.Si M.Pd
WMM /HUMAS SMK N 1 Sumatera Barat.

 
PREVIEW VIDEO PERTAMA

PREVIEW VIDEO KEDUA
 

Author: Tim Manajemen Humas Online SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Newer articles

Older articles

Brosur PPDB 2020
pemisah
Formulir PPDB 2020
pemisah
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second