Magang Ke Luar Negeri, Tantangan dan Harapan’ Sosialisasi BPTKI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Sunday - 01/03/2020 23:27
Magang Ke Luar Negeri, Tantangan dan Harapan’ Sosialisasi BPTKI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindunagn Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang bertemu langsung dengan siswa tingkat akhir SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada hari Senin, 27 Januari 2020 di kota Padang
Magang2
Magang2

Magang Ke Luar Negeri, Tantangan dan Harapan

Sosialisasi BPTKI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, Senin 27 Januari 2020

Nora Margaret, S.Si, M.Pd (Wakil Manajemen Mutu / Humas SMK Negeri 1 Sumatera Barat)

Padang, HUMAS SMK N 1 Sumatera Barat (28/01) -

Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindunagn Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang bertemu langsung dengan siswa tingkat akhir SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada hari Senin, 27 Januari 2020 di kota Padang. Pada kesemptan kali itu, Kepala BP3TKI Padang, Dra Lismia Elita, MM memberikan penjelasan terkait peluang kerja luar negeri dengan skema penempatan yang tersedia Mulai dari Program G to G (Pemerintah dengan Pemerintah), Program G to P (Pemerintah dengan Swasta), Program P to P (Private to Private), Program Inter Coorporate atau Untuk Kepentingan Perusahaan Sendiri dan juga Skema Mandiri.

Sosialisasi yang diadakan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Padang, Bapak Yunisman, SE , MM yang memberikan materi tentang kesempatan magang ke luar negeri yang harus diambil peluangnya bagi  tamatan SMK

“Banyak kesempatan untuk bekerja di luar negeri dengan berbagai skema yang ada. Dari BNP2TKI atau sekarang yang telah berubah menjadi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) ada peluang G to G ke Korea untuk lulusan SMK dan ada juga SP2T (Special Placement Program to Taiwan). Gaji yang ditawarkan sangat menarik dan belum tentu bisa didapatkan lulusan SMK/ SMA sederajat jika bekerja di dalam negeri”, seperti yang diungkapkan oleh Kepala BPTKI, Lismia kepada puluhan siswa-siswi tersebut.

BP3TKI Padang tidak hanya menyebarluaskan informasi peluang kerja luar negeri yang tersedia di luar negeri, Kepala BP3TKI Padang bersama Dinas bidang Tenaga Kerja beserta pihak sekolah yang diwakili oleh Bursa Kerja Khusus (BKK) mendorong minat siswa/siswi tingkat akhir untuk dapat meraih peluang kerja luar negeri dengan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.

Setelah mengadakan sosialisasi, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Nora Margaret, S.Si, M.Pd dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Drs. Junaidi didamping Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Drs. Budy Prianto, bertemu langsung dan berdiskusi dengan Kepala BP3TKI serta Tim Kunjungan Kerja Direktorat Promosi Ke SMK Negeri 1 Sumatera Barat yaitu  Dra. Sri Suratmi (Kasubdit Promosi Kawasan Asia Pasific dan Amerika) , Sisca Widya Aswita (Kasi Kawasan Timur Tengah) dan Madina Priska Diani (Analis Promosi dan Kerja sama Luar Negeri) bahwa sangat mengharapkan sekolah dapat mengakomodir kesempatan lulusan untuk dapat magang ke Luar Negeri dengan cara memberikan pembekalan berupa kegiatan Ekstra Kurikuler berupa pelatihan Bahasa Jepang atau Bahasa Korea, selain Bahasa Inggris. Hal ini menjadi catatan penting yang akan ditindak lanjuti oleh SMK Negri 1 Sumatera Barat ke depannya.

Sebagaimana berita yang di kutip dari Humas Web BP3TKI , Senin 27 Januari 2020 di http://www.bnp2tki.go.id/berita-detail/bp3tki-padang-dorong-minat-siswa-siswi-smk-raih-peluang-kerja-luar-negeri ada yang menjadi catatan untuk program program sekolah ke depan. Berikut ditampilkan kutipan berita di laman we BP3TKI :

“Kita melihat bahwa sebagian dari siswa-siswi ini masih belum memikirkan bagaimana kehidupan mereka setelah lulus dari bangku sekolah. Apakah hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bekerja. Saat ditanya pun hampir semua calon lulusan SMK ini ragu-ragu, tak bisa menjawab dengan pasti bagaimana mereka merancang masa depannya”, tanggapan Kepala BP3TKI Padang terkait respon peserta kegiatan sosialisasi yang diadakan BP3TKI Padang.

BP3TKI Padang sebagai lembaga memberikan perhatian besar terkait hak setiap Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) atau Pekerja Migran Indonesia terutama terkait penyebaran informasi yang benar mengenai pasar kerja, tata cara penempatan, dan kondisi kerja di luar negeri sesusai dengan amanat UU no 18 tahun 2017. Sehingga, kegiatan teknis pelindungan yang termasuk dalam tugas pemberian sosialisasi dan diseminasi informasi ini dapat memberikan kesadaran kepada siswa-siswi SMK/SMA Sederajat untuk melihat kondisi pasar kerja.

Untuk daerah Sumatera Barat pada tahun 2020 berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor : 562-827-2019 Tahun 2019 Tentang Upah Minimum Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 maka Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumatera Barat Tahun 2020 ditetapkan sebesar Rp.2.484.041.- (dua juta empat ratus delapan puluh empat ribu empat puluh satu rupiah) per bulan. Jumlah gaji tersebut kurang menarik jika dibandingkan dengan gaji yang didapatkan jika bekerja ke luar negeri. Misalnya untuk bekerja dengan skema P to P ke Malaysia PMI mendapatkan gaji  pokok sebesar RM 1100, dengan lembur PMI dapat memperoleh lebih kurang 5 juta per bulannya. Gaji yang ditawarkan untuk penempatan ke Taiwan melalui SP2T tak kalah menarik yang hingga mencari 10 juta rupiah per bulan. Apalagi, bekerja ke Korea melalui skema G to G, gaji pokok yang ditawarkan lebih kurang sebesar 1,5 juta won atau setara dengan 20 juta per bulan, belum termasuk tambahan lainnya.

“Saat ini, bekerja ke luar negeri merupakan pilihan bagi warga negara Indonesia khususnya pencari kerja. Ia hadir bukan lagi sekedar solusi karena kurangnya lapangan pekerjaan di Indonesia. Namun, juga hadir untuk menjadi pilihan karena kelebihan yang ditawarkan dan diminati serta disadari oleh calon pekerja migran Indonesia”, jelas Lismia.

Lebih lanjut, Kepala BP3TKI Padang mengatakan bahwa kedepannya BP3TKI Padang akan terus berusaha untuk menyerbaluasakan informasi peluang kerja ke luar negeri kepada calon lulusan SMK/SMA sederajat yang ada di Sumatera Barat. Tak hanya itu BP3TKI Padang juga akan mendorong agar peluang kerja di luar negeri bisa dimanfaatkan oleh pemuda Sumatera Barat untuk meraih pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik di luar negeri. Sehingga nanti, dapat membantu untuk membangun daerahnya dan juga negara Indonesia. ** (Humas/bp3tki padang/dba)

Demikian berita Sosialisasi dari BP3TKI di SMK Negri 1 Sumatera Barat yang berlangsung pada hari Senin, 27 Januari 2020.

Wassalam & Thank You.

Let us know what you think

Please give us feedback so we can provide content that’s truly useful and helpful. Thanks

Author: Tim Manajemen Humas Online SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Security Code   

Newer articles

Older articles

Selamat Datang di Aplikasi Humas Online SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Selamat Datang di Aplikasi Humas Online SMK Negeri 1 Sumatera Barat Selamat Datang di Aplikasi BKK Online SMK Negeri 1 Sumatera Barat Aplikasi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap pelayanan kependidikan dalam bidang informasi, komunikasi dan peluang atau lowongan pekerjaan dan karir...

Voting

Seberapa besar pemanfaatan Aplikasi Humas Online dapat mendukung pembelajaran dan bimbingan karir di sekolah?

PPDB 4
Brosur PPDB 2020
pemisah
Formulir PPDB 2020
pemisah
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second