Studi Banding Ke SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam rangka Mempersiapkan COE dan BLUD Teaching Factory TKRO SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Sunday - 13/12/2020 04:34
Studi Banding Ke SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam rangka Mempersiapkan COE dan BLUD Teaching Factory TKRO SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Dalam rangka mewujudkan amanat tujuan pendidikan kejuruan, salah satu strategi yang dilaksanakan oleh Direktorat SMK adalah fokus pada peningkatan kualitas pendidikan SMK sebagai pusat pengembangan pusat keunggulan (Center of Excellence) yang nantinya dapat menjadi Sekolah Penggerak.
Studi Banding ke SMK Negeri 3 Yogyakarta
Studi Banding ke SMK Negeri 3 Yogyakarta
Dalam rangka mewujudkan amanat tujuan pendidikan kejuruan, salah satu strategi yang  dilaksanakan oleh Direktorat SMK adalah fokus pada peningkatan kualitas pendidikan SMK sebagai pusat pengembangan pusat keunggulan (Center of Excellence) yang nantinya dapat menjadi Sekolah Penggerak yang mampu mendemonstrasikan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) terutama dari kepala sekolah beserta guru di dalamnya.

Sekolah-sekolah ini akan menjadi penggerak untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut diperlukan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran bermutu. Dengan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan kejuruan ini, pusat keunggulan (Center of Excellence) SMK ini diharapkan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia usaha/industri dan mampu untuk mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.

Pusat Keunggulan SMK adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan Industri, Dunia Usaha, Dunia Kerja (IDUKA), serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Pengembangan SMK yang menjadi Pusat Keunggulan (Centre of Excellence) dilakukan secara holistik yang mencakup:
a. Keterlibatan IDUKA yang menyeluruh dalam pengembangan SMK;
b. Guru berkapasitas dan bersertifikasi yang diakui IDUKA;
c. Kepala SMK yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK menjadi Pusat Keunggulan yang diakui IDUKA;
d. SMK memiliki sarana dan prasarana yang yang berstandar IDUKA;
e. SMK memiliki rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di IDUKA yang baik;
f. SMK menjadi rujukan (antara lain metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, dll) bagi SMK lainnya;
g. SMK menjadi pusat pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut maka pada tahun 2020 melalui Direktorat SMK mendukung Pemerintah Daerah Provinsi dalam mengelola SMK, telah mengalokasikan dana Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK Yang Dikembangkan Menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence)

Dalam rangka persiapan agar menjadi sekolah yang diberi bantuan fasilitasi COE tersebut, dirasa perlu untuk melakukan studi banding pada sekolah yang telah terlebih dahulu mendapatkan bantuan, yaitu ke SMK Negeri 3 Yogyakarta. Alasan pemilihan, adalah selain hal yang telah dikemukakan, SMK N 1 Sumatera Barat merasa perlu ada sistem yang baik dalam pengelolaan tata Kelola teaching factory RPS (Ruang Praktek Siswa) TKRO yang berstandar IDUKA setelah dilounching dan diresmikan penggunaan nya secara resmi

Banyak hal yang dipelaari dari sistem yang sudah jalan di SMK Negeri 3 Yogyakarta, termasuk bagaimana nanti persiapan untuk dokumen pengajuan pengelolaan TEFA menjadi BLUD.
Badan Layanan Umum Daerah atau disingkat BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh satuan kerja perangkat daerah atau unit satuan kerja perangkat daerah pada satuan kerja perangkat daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan Pengelolaan Keuangan Daerah pada umumnya.

BLUD merupakan bagian dari perangkat pemerintah daerah, dengan status hukum tidak terpisah dari pemerintah daerah. Berbeda dengan SKPD pada umumnya, pola pengelolaan keuangan BLUD memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, seperti pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya. Sebuah satuan kerja atau unit kerja dapat ditingkatkan statusnya sebagai BLUD.

Demikian berita Studi Banding Ke SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam rangka Mempersiapkan COE dan BLUD Teaching Factory TKRO SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Author: Tim Kreatif Website Humas SMKN 1 SUMBAR

 Tags: studi banding

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Brosur PPDB 2020
pemisah
Formulir PPDB 2020
pemisah
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second